Minggu, 04 Agustus 2013

menyembuhkan gusi bengkak

menyembuhkan gusi bengkak,mengapa gusi saya bengkak dan mengeluarkan cairan saat ditekan dan jika mengenai lidah rasanya busuk..?
Jawab:

Pembengkakan gusi bisa terjadi cuma pada salah satu bagian mulut bisa pula secara menyeluruh.
Gusi yang membengkak hanya pada salah satu bagian mulut sebaiknya diteliti lebih lanjut apakah ada kaitannya dengan salah satu gigi yang dibiarkan rusak dan akhirnya membusuk, terinfeksi dengan akibat jadi bengkak. Bila dibiarkan lagi, seringkali terjadi benjolan kecil pada bagian yang bersangkutan (sekitar 1 cm dari tepi gusi), warnanya kemerahan lalu berubah jadi putih karena mengandung nanah.Nanah inilah yang terasa busuk.
Pengobatannya antara lain membersihkan plak atau karang gigi kalau sudah mulai terbentuk), melaksanakan upaya pembersihan gigi dan mulut secara optimal, obat kumur, kemudian kalau perlu obat pereda sakit dan anti infeksi.
Kalau tidak bisa ditolong lagi, gigi terpaksa dicabut.
Gusi bisa menjadi bengkak karena terjadinya peradangan pada gusi itu sendiri. Sebagai akibat terjadinya infeksi, pembengkakan ini biasanya disertai rasa sakit.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai cara alternative untuk dapat meringankan sakit akibat gusi yang membengkak ialah:

1.      Kumur mulut dengan campuran air garam hangat.
Air hangat yang dicampur dengan 1 sendok garam terbukti dapat meringankan pembengkakan pada gusi. Hal ini karena kandungan air garam dapat dijadikan antiseptic. Gunakan untuk kumur setidaknya 2 X sehari atau sesuai dengan kebutuhan.
2.      Kumur dengan air daun sirih
Selaras dengan larutan air garam, daun sirih juga berkhasiat untuk meringankan pembengkakan gusi. LArutkan pula daun sirih pada air yang hangat. Gunakan untuk berkumur
3.      Kumur dengan air lemon
Peras 1 buah lemon kedalam larutan air hangat. Kumur 2-3 kali sehari
4.      Minyak Cengkeh
Minyak Cengkeh juga terbukti efektif untuk meredakan berbagai akibat pada masalah sakit gigi termasuk gusi yang membengkak. Caranya sangat mudah cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gusi yang membengkak. Gunakan 2-3 Kali sehari sesudah makan dan sebaiknya gunakan terus sampai gusi anda benar-benar sembuh.
5.      Melakukan pemijatan pada gusi
Cara lain yang dapat membantu meringankan sakit pada gusi yang bengkak ialah melakukan pemijatan pada gusi tersebut menggunakan cotton buds dengan cara menggosok halus bagian gusi secara melingkar. Hal ini dapat dilakukan agar peredaran darah dalam gusi dapat lancar. Selain cotton buds, pemijatan juga dapat dilakukan dengan jari telunjuk. Namun tentu saja pastikan bahwa jari anda benar bersih agar tidak ada bakteri lain yang dapat membuat gusi semakin terinfeksi.
6.      Konsumsi Vitamin C
Bukan hal baru lagi bahwa kekurangan vitamin C dapat juga menyebabkan gusi yang membengkak. Jadi perbanyak makanan yang mengandung vitamin C sebagai pencegahan agar gusi aman dari pembengkakan.
7.     Minumlah Obat cacing
obat cacing akan membunuh bakteri pada gigi

sekian dari saya smoga bermanfaat



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 12.19 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar